DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI
KECENDERUNGAN EMPIRIK
- Terdapat kesenjangan yang tinggi antara kemampuan Siswa Peserta UN dengan Standar Soal UN.
- Prosentase soal penalaran pada UN/USBN 2019 akan ditingkatkan.
- Dari tahun 2000 s.d. tahun 2015, skor siswa Indonesia berkisar antara 370-400, sementara skor rata-rata PISA 500.
- Soal-soal HOTS pada UN/USBN, PISA, TIMSS menuntut siswa untuk berpikir, mengolah informasi, membaca teks panjang.
- Kemampuan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 (analisis SKL-KI-KD dan perumusan IPK) masih rendah.
- Mind Set guru lebih fokus kepada pelaksanaan assessment of learning (sumatif) dibanding assessment for learning(formatif).
- Pelaksanaan PKB saat ini lebih cenderung membuat guru pintar dari pada membuat murid pintar
Unit pembelajaran dikembangkan dari hasil Pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 (Revitalisasi dan Spektrum SMK), Analisis UN/USBN dan Pemetaan Kompetensi Inti Guru sesuai Permendiknas 16/2007 yang sudah terpetakan dalam 10 Modul PKB Guru.
Materi dikembangkan sesuai amanat Kompetensi Dasar dan menjadikan Modul PKB sebagai perluasan materi dalam Unit serta Soal-soal UN/USBN atau PISA/TIMSS sebagai bahan latihan bagi siswa oleh guru.
Perlu di pahami dan dicermati atas jadwal yang disajikan dengan memperhatikan catatan dibawah ini :
Waktu pelaksanaan pembelajaran diatas tidak baku, artinya setiap aktivitas pembelajaran baik pelaksanaan In maupun On dapat dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan antara peserta dan fasilitator sepanjang tidak mengganggu jam belajar siswa. Sebagai contoh, pelaksanaan In-1 dan In-2 tidak harus dilakukan setiap hari sabtu, tapi dapat dilakukan 2 hari berturut-turut, yaitu sabtu dan minggu.
Untuk lebih jelas dan akurat informasi ini, silahkan download atau dibaca panduan dibawah ini :
DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI
Link Alternatif : DOWNLOAD
SEMOGA BERMANFAAT
SALAM KOLABORASI PENGETAHUAN
Posting Komentar untuk "DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS ZONASI"
Komentar Blog